Sabtu, 16 Juni 2012

Tips Karier

     Mengusir Kejenuhan di Tempat Kerja

     Jenuh menjalankan rutinitas pekerjaan di kantor sehari-hari selama bertahun-tahun? Wajar. Bahkan itu bisa dialami yang berkarakter pembosan. Awas, bila dibiarkan dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Perusahaan bisa rugi, prestasi pun akan disorot tajam. Jadi, bila Anda masih betah, berbagai cara untuk mengusir kejenuhan dalam bekerja, perlu dilakukan. Nah, beberapa ide ini mungkin bermanfaat:

1. Bikin program untuk efektivitas pekerjaan
     Dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tentu lebih baik, bukan? Maksudnya tidak sekedar agar bisa melakukan pekerjaan lain saja, tetapi setidaknya bisa meluangkan waktu melakukan hal-hal yang anda sukai.

2. Ikut kursus
     Menambah keterampilan lewat kursus tambahan bisa juga mengobati kejenuhan. Tak selalu harus yang sesuai dengan pekerjaan sekarang. Jenis kegiatan yang berbeda, malah bikin fun.

3. Alih bidang
     Mungkin Anda sudah bertahun-tahun di bidang yang sama. Apa salahnya mengajukan pada bos untuk job switch. Tentu, jangan asal minta pindah, tetapi ajukan alasan yang logis dan siapkan skill yang dibutuhkan di bidang tersebut. Bila manajemen perusahaan Anda baik, tentu akan memahami dan memenuhi keinginan Anda.

4. Bikin networking
     Daripada jenuh, luaskan networking, misalnya sore hari sepulang kerja, bikin pertemuan dengan teman-teman lama dari berbagai bidang dan sharing.

5. Masih jenuh juga? Berkonsultasilah dengan seorang Mentor
     Bisa bos yang Anda anggap dekat, bisa pasangan, teman, atau bahkan profesional (mentor). Bagaimana pun karier dan kenyamanan kerja, penting bukan?

6. Siap-siap strategi baru, pindah kerja
     Ini memang pilihan terakhir. Tapi, jangan gegabah, pikirkan matang-matang. Lebih baik kelebihan energi untuk fokus mengejar target yang lebih besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar